Jumat, 30 Mei 2014

Resep: Kue Kelapa Kurma


Ramadhan hampir tiba. Sukacita menyambut kehadiran bulan penuh berkah pun kian terasa. biasanya para ibu mulai juga sibuk memikirkan hidangan - hidangan suguhan hari lebaran. salah satunya kue kering . selain kue kering wajib seperti nastar, kaastengels atau putri salju, banyak sekali ragam kue kering baik klasik maupun modifikasi yang bisa kita hidangkan di acara silahturahmi keluarga nantinya. 

Untuk musim lebaran kali ini, aku mencoba satu resep kue kering baru. Lihat resepnya di majalah Femina edisi khusus Hidangan lebaran tahun 2013, tahun lalu malah nggak sempet nyoba, hehhehe. Aselinya berjudul Segitiga Kurma. Aku modifikasi sedikit dengan memperbanyak kelapa kering dalam adonan kue nya, lalu mengganti kapulaga bubuk dengan kayumanis bubuk.



Kue Kurma Kelapa
modifikasi dari resep Femina

300 g tepung terigu protein rendah
100 gram kelapa parut kering
220 gr mentega tawar
120 gr gula pasir
4 kuning telur

2 sdm susu evaporated aduk dengan 3 sdm madu
250 g buah kurma cincang halus
80 g almond sliced

2 sdt kayumanis bubuk
½ sdt garam

Cara Membuat:
1.     Kocok mentega dan gula pasir hingga rata , masukkan telur, aduk rata.
2.     Masukkan 50 gram kelapa kering dan terigu, aduk rata.
3.     Ambil 1 sdm adonan, bulatkan. Bentuk adonan menjadi segitiga, olesi permukaannya dengan susu dan madu.

4.     Taburi kelapa parut, taruh kurma dan almond di atasnya. Taburi dengan kayumanis bubuk. Panggang 25 menit di suhu 180’c atau hingga matang kuning keemasan.


Dengan menggunakan gula pasir dan juga kelapa parut dalam adonannya, tekstur kue kelapa kurma beda dengan kue kering yang klasik.  Krenyes krenyes renyah, berpadu dengan renyahnya kacang almond. Selain itu, paduan wangi kayumanis dan kelapa nya juga memberi sensasi tersendiri, yang membuat kue kering ini layak dicoba dan dihidangkan untuk para tamu lebaran nanti. 
Nah tunggu apa lagi, bikin yuk...

1 komentar:

Alam Amazing Adventures mengatakan...

saya akan coba resep ini

 

Pengikut