Selasa, 05 Maret 2013

Tips Persiapan Travelling

Travelling selalu identik dengan liburan. Bayangannya selalu menyenangkan. Kemanapun kita berlibur, pasti membawa cerita seru. Selalu ada momen - momen unik saat menjelajah tempat yang kita kunjungi.



Berikut ini tips- tips persiapan Travelling yang aku ambil dari pocket note Wardah Cosmetic, siapa tahu berguna buat yang memerlukannya.

Apa Rencanamu? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah perencanaan. Penting, supaya perjalanan Anda berjalan lancar dan meminimalkan hal - hal tidak terduga yang mungkin akan membuat kita tidak nyaman.

1. Tentukan budget yang kita inginkan.  Rencanakan dengan rinci biaya apa saja yang harus dikeluarkan termasuk air minum, makan siang , cemilan atau transportasi.

2. Apa tujuan kita berlibur? Hal ini akan mempersempit lokasi tujuan yang akan kita kunjungi. Bila berkunjung ke sebuah kota atau negara, kecil kemungkinan kita dapat mengunjungi seluruh tempat wisata yang ada.

3. Waktu yang tepat untuk berlibur. Selain menyesuaikan dengan agenda pribadi, perlu diperhatikan kapan waktu/musim khusus di mana biasanya jumlah wisatawan meningkat dan biaya akomodasi melonjak. kedua hal tersebut akan sangat berpengaruh pada budget dan kenyamanan kita.

4. Teman perjalanan. rencanakan juga siapa teman perjalanan kita. Apakah keluarga atau teman. Dengan teman perjalanan yang menyenangkan, mood perjalanan kita akan semakin seru dan kita bisa enjoy dengan suasana liburan.

5. Carilah sumber informasi sebanyak mungkin.


Mari bersiap!!!  Buatlah checlist untuk memastikan barang apa saja yang sudah atau belum kita persiapkan. Cobalah cek kembali hal - hal berikut ini:

  1. Kesiapan budget untuk travelling
  2. Kesiapan dokumen pribadi seperti : Passpor ( + fotocopy) , kartu Identitas ( + fotocopy ) , Tiket (itenerary paper) , SIM Internasional (jika dibutuhkan), Nomor - nomor penting Tempat Travelling (hotel, travel, taxi, dll), Nomor keluarga atau teman.
  3. Kesiapan Akomodasi
  4. Kesiapan barang - barang seperti: pakaian dalam (jika diperlukan berupa disposable), pakaian, kaos kaki (jika dibutuhkan), sabun cair, shampo, handuk kecil, sikat gigi, pasta gigi, tas pinggang/pouch untuk menyimpan dokumen pribadi, tas ransel/koper dengan kantong yang banyak, gadget multifungsi (kamera + gps), baterai kamera, memory card tambahan, lensa kamera yang dibutuhkan, sunglasses, lotion anti nyamuk, obat - obatan pribadi, peta atau buku panduan selama perjalanan, kantong plastik  (untuk baju kotor/tambahan barang), jas hujan, pisau swiss (jika dibutuhkan), kompas, botol air minum, senter kecil, korek api gas (jika dibutuhkan), make up pribadi
Penting juga untuk disiapkan (tips dari Citra :P ) yaitu: identitas lengkap kita serta nomor telp orang terdekat yang bisa dihubungi, tertera pada tas bawaan kita, baik koper, ransel, tas tangan/bahu, serta secarik kertas di kantong celan/rok/baju kita. In case ada kejadian gak enak kan.. *knock knock amit amit jangan sampai*

Yang juga perlu perhatian lebih adalah :
  • Sudahkah mencek validitas paspor kita?
  • Sesuaikah bahan pakaian kita dengan iklim tempat tujuan
  • Cukupkah air minum selama perjalanan?
  • Tersediakah makanan yang mengandung air untuk menjaga keseimbangan tubuh?
Berikut ini adalah TIPS PACKING yang efesien:
  1. Jangan melipat pakaian, tapi gulunglah sehingga mengurangi kusut dna menghemat ruang dalam koper/ransel.
  2. Kelompokkanlah pakaian dalam plastik berklip. Pisahkan menurut jadwal pemakaian. 
  3. Masukkan sepatu/sandal dalam kantung. sehingga tidak tercerai dan melindungi baju dari sepatu yang kotor.
  4. Jangan simpan benda berharga dalam satu tempat. Pisahkan dokumen penting dalam tas terpisah seperti tas pinggang. ini memudahkan kita menjaga dan mudah mengambilnya sewaktu - waktu.

Tips tambahan dari Citra , tentang bagaimana menghitung kebutuhan baju selama bepergian.
  • Jika Anda penggemar celana jeans, maka ketahuilah celana jeans masih oke dipakai hingga 4-5 hari :D. Kecuali ada keadaan yang mengharuskan anda memakai celana/bawahan lainnya (seperti undangan pernikahan, pesta, atau meeting kantor), celana jeans 1 dipakai dari hari pertama hingga hari ke empat, sisanya bawalah celanan berbahan non jeans untuk cadangan (misal celana jeans basah atau terkena kotoran banyak). kenapa harus yang berbahan non jeans yang dibawa? karena untuk menghemat tempat di koper/ransel :D
  • Biasanya ketika kita tiba di kota tujuan, kita akan berkeliling kemanapun hingga sore hari, mausk hotel untuk mandi sore dan istirahat lalu keluar lagi malam harinya. Betul nggak? Nah situasi seperti ini memngkinkan kita untuk menghemat baju. Baju atasan yang kita pakai pagi, akan kita ganti sore/malam hari. Karena biasanya malam hari tidak berkeringat, maka baju yang kita pakai malam hari ini bisa kita pakai lagi untuk besok pagi sampai dengan sore hari nya. Lebih hemat toh?
  • Jika berencana belanja baju/pakaian di tempat wisata  misalnya Singapore, Yogya, dll, dan jika Anda termasuk orang yang tidak masalah untuk memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu, kurangi hitungan kebutuhan pakaian Anda pada saat berangkat. Toh kita bisa pakai baju-baju yang akan kita beli di tempat tujuan itu kan?
Ok, mungkin baru sedikit tips di atas yang bisa dishare. nanti berikutnya jika ada tambahan kita bagi - bagi lagi ya. Salam jalan - jalan...








Tidak ada komentar:

 

Pengikut