Sabtu, 29 Januari 2011

KBB #21 : Creme Brulee

Tantangan pracoba kedua sebagai calon anggota KBB , Creme Brulee. Dessert-nya orang barat nih.. hehhe, rada nggak kebayang rasanya seperti apa. Waktu baca resepnya yang dikirim Host  via Surat Tjinta kebayangnya malah seperti Puding Karamel ya.


 Trus jadi keinget salah satu episode reality show: Master Chef #1, Davis Miller diketawain ama juri gara - gara Creme Brulee nya nggak gosong. Jadi rupanya, ciri khas Creme Brulee ini  memang adanya efek karamelisasi dari gula yang ditabur diatas Creme Brulee yang sudah set.



Surat Tjinta KBB memberi resep Creme Brulee dari Jamie Oliver, dengan pemakaian Rhubarb  sebagai salah satu bahannya. Di bahas di milis KBB, pemakaian Rhubarb ini untuk memberi rasa asam, mengimbangi rasa manis dari Creme Brulee.


Setelah browsing sana sini mengenai Creme Brulee, maka jatuhlah pilihan pada resep Creme Brulee dari Women's Weekly. 

INGREDIENTS

1 vanilla bean
3 cups (750ml) thickened cream
6 egg yolks
¼ cup (55g) caster sugar
1/3 cup (55g) pure icing sugar, approximately

NOTE: This recipe can be prepared a day ahead; grill the tops up to one hour before serving.


METHOD

Preheat the oven to moderately slow (160°C). Split vanilla bean in half lengthways then, using the end of a sharp knife, scrape the seeds from the bean; reserve the seeds. Add the bean and cream to a medium saucepan, heat until just below boiling point.

Meanwhile, whisk the egg yolks, caster sugar and vanilla seeds in a medium heatproof bowl; gradually whisk in the hot cream mixture. Place the bowl over a saucepan of simmering water — do not have the water touching the base of the bowl. Stir over heat for about 10 minutes or until mixture thickens slightly and coats the back of a spoon.

Remove the bean — it can be washed, dried and kept for another use. Place six ½ cup (125ml) capacity ovenproof dishes in a baking dish, pour the cream mixture into the ovenproof dishes level with the top as they will shrink slightly. Add enough boiling water to come ¾ of the way up the side of the dishes. Bake in a moderately slow oven for about 20 minutes or until the custard is just set. Remove the dishes from the water; cool to room temperature. Cover; refrigerate several hours or overnight.

Place the dishes in a shallow baking dish filled with ice-cubes (the ice helps to keep custard firm while grilling). Sprinkle each custard evenly with about one heaped teaspoon of sifted icing sugar; wipe the edge of the dishes. Place under a hot grill until the sugar is just melted, not coloured. Sprinkle the custards again with a second layer of sifted icing sugar; place under hot grill until sugar is golden brown.

Not suitable to freeze. Not suitable to microwave.

Cook's note
Alternatively, use a small blow torch to melt and caramelise the sugar. Small blow torches are available from hardware stores, some kitchenware shops and professional cookware outlets. 




Berhubung tidak punya blowtorch, semula efek karamelisasi akan kubuat dengan menaburkan icing sugar di atas Creme Brulee lalau memanaskannya dengan api atas oven. Tapi ternyata lama sekali,  nggak sabar..hehehe, sudha penasaran mau ngerasain. akhirnya buat karamel cair dengan cara memanaskan gula di atas panci hingga mencair kecoklatan diberi air panas sedikit, lalu dituangkan di atas Creme Brulee. danrasanya? hhmmhmm...yummy. Kelewat manis rasanya dengan resep ini. Lain kali harus dikurangi nih gulanya.


Di waktu lain , nyobain Creme Brulee lagi dengan resep yang sama , tapi gulanya dikurangi hingga setengahnya (20 gram). Dimakan bersama syrup Markisa + Lemon serta buah Markisa yang asem - asem. Wah, ternyata lebih segar. Bisa untuk alternatif dessert saat menjamu tamu di rumah nih. 



Mengerjakan tantangan ini, dapet ilmu baru dan sensasi baru di bidang kuliner. kKya gini toh dessert ala Prancia yang namanya Creme Brulee ini. :P




Jumat, 28 Januari 2011

Tiramisu


Tiramisu spesial dibuat untuk ulang tahun adik ipar, Asita. Menebus kesalahan tahun lalu, yang gak sempet mbuatin Tiramisu pesenannya. Jadi kali ini, dibuat kejutan, dan ternyata memang menyenagkan. Asita sangan berbahagia... hhehehe *takut ama kakak iparnya kali ya?

Menggunakan Resep Tiramisu NCC, diberi dekor pagar coklat putih dan diikat pita. Looks so nice, isn't it?

Nasi Tumpeng ulang tahun ke - 3


Pesenan dari mbak Lutfhia , member NCC untuk acara ulang tahun kantornya yang ke - 3. Angka 3 di tumpeng mengunakan timun yang di ukir, sementara angka 3 di belakang menggunakan pucuk daun Parsley  yang disusun di atas daging kelapa, irisan dari kelapa utuh yang dibentuk untuk dipakai sebagai tempat sambal goreng hati.

Kamis, 20 Januari 2011

Black Forest, Cheese Cake and Birthday Cake with Standing Edible Image.

Pesenan dari dosen kuliah dulu drg Febrina,  yang dapat rekomendari dari drg Evi yang sebelumnya sudah bolak balik pesen. Thanks Dok :). Drg Febrina sendiri pesen Black Forest dan Cheese Cake. Semua untuk acara Ulang Tahun Hanief, putranya umur 9 tahun.


Black Forest ukuran 20x30 cm dengan tema Bola ini, tidak memakai filling dark cherry seperti halnya Black Forest pada pakemnya. Pertimbangannya, anak - anak kurang menyukai dark cherry. Jadi, filling yang digunakan adalah selai Blueberry. Covernya memakai whipcream yang diwarnai hijau menyerupai rumput sisi pinggirnya di bei pagar coklat dengan tekstur balok kayu. Cukup memberi kesan permainan Bola ditengah lapangan rumput kan? :P

Selain Blackforest, Drg Febrina juga pesan Blueberry Cheese Cake dengan edible lambang jersey club Barcelona. Edible image yang sebelumnya sudah dilapisi coklat putih bagian belakangnya, diletakan diatas lapisan selai blueberry yang sebelumnya telah dioles diatas Cheese cake yang telah dingin dan set. pinggirannya di border dengan menggunakan whipcream.


Selanjutnya adalah pesanan sesama member NCC, mbak Amalia Riv. Beliau pesan cake untuk dikirim ke Bekasi. Saat kuajukan tema Toys Story dengan standing edible image, beliau setuju. 


Base cake menggunakan sponge cake, dicover buttercream. cake ini ukuran 20x 20 cm dengan metoda dipotong sepertiga bagiansetinggi setengah cake, lalu ditumpukkan di atas sisi cake yang lain. Cake yang bertingkat memberi kesan lebih besar dan tinggi. 

Cake dengan cara yang sama juga dibuat untuk Birthday Cake utuk Chiara, pesanan dari adik kelas saat kuliah dulu. Menggunakan base cake brownies kukus ukuran 30x30 cm, cover buttercream.Dekorasi sesuai permintaan yaitu topper Snow White dan 7 kurcaci.


Kebayang deh, pasti seru sekali acara ulang tahun anak - anak ini ya...

Kamis, 06 Januari 2011

Ujung Tahun Yang Sempurna

Sedikit cerita tentang orderan cake di akhir tahun 2010 kemarin. Tiramisu Kukus dan Opera Cake (lagi).
Untuk Tiramisu Kukus, kembali lagi pakai resep andalan yang dulu pernah dibuat. Namun kali ini dimodifikasi sedikit dengan menggunakan Coffee Mouse yang biasa kugunakan untuk salah satu filling Opera cake.

Berikut ini adalah resep Coffee Mouse yang kupakai:


Coffee Mouse
      250 gr Chocolate Cappucino
      150 gram susu cair
      250 gr Whipping cream

Cara membuat:
1. Steam Chocolate Cappucino hingga cair
2. Panaskan susu cair, tuang ke dalam cocolate cappucino yang telah cair, aduk hingga rata
3. Kocok Whipping cream hingga kaku, tuang ke dalam campuran coklat, aduk hingga rata.

Tiramisu Kukus kali ini, kubuat menjadi 4 layer. untuk mengakali diberikannya illing Coffee Mouse. jadi antara layer paling bawah dan diatasnya, menggunakan resep Vla ini:

Bahan Vla:
200 gram vla bubuk instant
1 sdt kopi instant
400 ml susu cair dingin

Antara kedua layer tengah diberi filling Coffe Mouse, sementara isian diatasnya kembali menggunakan filing Vla kopi.  Untuk topping, digunakan whipcream dan taburan coklat bubuk. dimakan saat dingin, duuh kebayang deh nikmatnya...




Selanjutnya, pesanan salah satu member NCC juga. Pesanannya untuk hantaran lamaran. Membuatnya harus dengan penuh cinta nih. Yang lucu, kebetulan di rumah aku dipanggil Tita. Jadi deh ketika pesenan Opera Cake nya diminta ada tulisan "I Love You Tita", berasa deg - degan deh kaya waktu  dilamar dulu ..jiahahhaaa...


Selain Opera Cake di atas, pesanan hantaran lamaran ini juga ada Ayam Kodok kemasan eksklusif, dan jajan pasar kemasan eksklusif.



Eh, kukasih tahu ya, ini jangankan yang menerima lamaran, lha wong yang membuat aja, perasaan hatinya berbunga - bunga.. Ihikkss... rasanya bener - bener deh: Ujung tahun yang sempurna!!
 

Pengikut

Google+ Followers